Pemkab Kerinci Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

    Pemkab Kerinci Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024

    KERINCI, JAMBI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTODA)) XXVIII Tahun 2024 bertempat di halaman Kantor Bupati Kerinci, Bukit Tengah, Senin (29/04/2024).

    Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Kerinci Asraf sekaligus bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanat Menteri Dalam Negeri yang dibacakan Pj Asraf mengatakan, peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 Tahun 2024 mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”.

    Tema ini dipilih untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam membangun sumber daya alam dan lingkungan hidup serta mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

    Pj. Bupati Asraf mengungkapkan, dalam konteks ekonomi hijau yang merupakan salah satu dari enam strategi transformasi ekonomi Indonesia untuk mencapai visi 2045, kebijakan desentralisasi ini memberikan ruang bagi Pemerintah Daerah untuk melakukan pengelolaan sumber daya alam secara lebih efisien dan berkelanjutan.

    Diketahui bahwa, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, yaitu meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bertambahnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan Fiskal Daerah namun tetap harus dilakukan pengawasan dan evaluasi untuk memastikan bahwa penyusunan program dan kegiatan dalam APBD agar tepat sasaran, efektif serta efisien.

    Perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan berbagai terobosan kebijakan bernilai manfaat dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi, yang kemudian membentuk aglomerasi kegiatan perekonomian dan terhubung antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

    Upacara Peringatan Otonomi daerah ke-28 tahun 2024 diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Kerinci, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan Camat di lingkungan Pemkab Kerinci. Upacara yang diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaaan Indonesia Raya, Pembacaan Sejarah Singkat Hari Otonomi Daerah, dan ditutup pembacaan doa yang berlangsung khidmat.(*/Sony)

    kerinci jambi
    Soni Yoner

    Soni Yoner

    Artikel Sebelumnya

    Ketua DPRD Kota Sungai Penuh Hadiri Peringatan...

    Artikel Berikutnya

    Aktivitas Tambang Galian C di Siulak Disebut...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Gubernur Al Haris Pastikan Investor Aman di Provinsi Jambi
    Al Haris Resmi Lantik Raden Najmi Sebagai Pj. Bupati Muaro Jambi dan Perpanjang Masa Jabatan Bachril Bakri
    Gubernur Al Haris Minta Perpanjang Runway Landasan Dua Bandara Di Provinsi Jambi
    Gubernur Al Haris Serahkan Bonus Kontingen Popnas dan Peparpenas Jambi
    Perempuan di Jambi Diharapkan Terus Optimalkan Potensi Diri

    Ikuti Kami